Sabtu, 23 Maret 2013

HATTA TURUN LANGSUNG AMANKAN HARGA PANGAN


Melambungnya harga komoditas pangan, terutama bawang merah dan putih membuat pemerintah mengambil langkah tegas untuk mengatasinya. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI, Hatta Rajasa mengatakan dirinya akan turun langsung untuk mengatasi masalah tersebut. Menurutnya, harga komoditas pangan sangat sensitif, sehingga perlu tindakan cepat.
Kelangkaan, serta kenaikan harga bawang kini menjadi perhatian serius pemerintah. Saya dengan beberapa pihak terkait akan segera menyelesaikan hal tersebut dalam waktu dekat,” kata Hatta kepada wartawan, usai menjadi pembicara dalam Dialog Interaktif di Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung. Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) ini menyampaikan sudah ada langkah konkrit dalam mengatasi kenaikan harga bawang merah dan putih. Dia berharap langkah tersebut bisa efektif menekan harga komoditas pangan, khususnya bawang.
“Saya sudah mengambil langkah dan koordinasi dengan Kementerian Pertanian dan Perdagangan supaya sistemnya diubah.  Kita memiliki national single windows, sistem ini akan kita  gunakan, jadi tidak lagi menggunakan sistem manusia ke manusia, tapi gunakan online,” ungkap menteri penggemar lagu-lagu Broery Marantika ini.
Sebagaimana diketahui, dalam beberapa hari ini harga bawang mengalami kenaikan hingga dua kali lipat dari harga normal. Misalnya untuk bawang putih, sebelumnya  hanya Rp 40.000/ kg, kini tembus sampai Rp 85.000/ kg. Begitu juga dengan bawang merah yang pada kondisi normal harganya Rp 20.000/kg, kini mencapai Rp 45.000/kg.“Kenaikan tersebut sangat mengganggu pelaku ekonomi kita, terutama yang menggunakan bahan baku bawang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,” beber Hatta.
Sementara itu menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), sepanjang tahun 2012, Indonesia mengimpor 415.000 ton bawang putih dari beberapa negara dengan nilai US$ 242,3 juta atau Rp 2,3 triliun. Mayoritas bawang putih impor berasal dari China, yaitu sebanyak 410.100 ton dengan nilai US$ 239,4 juta atau Rp 2,27 triliun. Sisanya merupakan impor dari India, Malaysia, Pakistan dan Thailand.
Meskipun terjadi kenaikan harga, namun Hatta yakin inflasi pada tahun ini akan tetap rendah. “Yang jelas inflasi bulan Maret ini lebih rendah daripada sebelumnya, karena harga-harga komoditas holtikultura sudah mulai turun. Bawang putih sudah mulai dialirkan ke beberapa daerah, jadi inflasi amanlah,” ungkap suami dari Okke Rajasa ini. Terakhir, Hatta mengatakan saat ini harga bawang sudah mulai turun, meski belum signifikan. (Sumber : Hatta Rajasa Info)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Photo Kegiatan 16 Mei 2012 di Aula Gerkopin Jatinangor